Keutamaan Surah Al-Fatihah

keutamaan surah alfatihah




Pertama, Hadist riwayat Al-Bukhari. Dari Abu Sa’id Bin Al-Mu’alla, ia mengisahkan saat itu, aku shalat di mesjid, lalu Rosulullah SAW memanggilku, tetapi aku tak menjawabnya hinga aku rampung mengerjakan shalat, kemudian aku mendatanginya, Beliau bertanya “ Apa yang mencegahmu untuk datang kemari”
            “ Wahai Rosulullah, saya tadi sedang shalat sehingga saya tidak memenuhi panggila anda”
            Maka beliau bertanya, “ bukankah Allah berfirman: ‘  Penuhilah panggilan Allah dan Rosul-Nya jika dia memanggil kalian kepda perkara yag emberikan kehidupan kepada kalian’(QS. Al-Anfal [8] :24)
            Beliau kemudian bersabda kepadaku, “ Sungguh aku akan mengajarkan kepadamu satu surah yang merupakan surah paling agung di dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari mesjid ini”.
            Beliau lantas menggandeng tanganku. Ketika bliau hendak keluar dari mesjid, akupun bertanya kepada beliau,” Wahai Rosulullah, bukankah anda tadi bersabda sungguh aku akan mengajarkan kepadamu satu surah yang merupakan surah palig agung di dalam Al-Qur’an?”
            Maka beliau bersabda :
الحمد لله رب العا لمين هي السبع المثا ني والقرأن العظيم الذي أوتيته
“ Itu adalah alhamdulillahi rabbil ‘alamiin(surah Al-Fatihah), yaitu as-sab’ al-matsani(tujuh ayat yang diulang-ulang) dan Al-Qur’an yang agung yang dkaruniakan kepadaku.” (H.R. Bukhari,Abu Dawud, dan An-Nasa’i).

Kedua, hadist riwayat imam ahmad dalam Musnadnya. Ubai bin Ka’ab pernah membaca Umm AL-Qur’an dihadapan Nabi SAW. Maka, beliau bersabda:
“ demi Dzat yang jiwaku dalam kekuasaan-Nya, tidaklahditurunkan dalam Taurat Injil, Zabur, dan tidak pula dala Al-Furqan(Al-Qur’an) satu surah yang sepertinya. Ialah as-sab’ al-matsani dan Al-Qur’an Al-Azhim yang dikaruniakan kepadaku” (Diriwayatkan oleh Ahmad dan At-Tirmidzi).
            Ketiga, hadist riwayat Muslim dalam Shahihnya. Diriwayatkan dri Ibnu Abbas, beliau berkisah:
Tatkala Rosulullah SAW  bersama malaikat Jibril, tiba-tiba beliau mendengar suara dari atasnya. Maka, Jibril mengangkat pedangnya ke langit, kemudian berkata, “pintu ini telah terbuka dari langi, yang sebelumnya belum pernah dibuka.”
            Lalu Malaikat turun dan datang kepada nabi SAW, dan berkata :
“ berbahagialah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu, dan dua cahaya tersebut belum pernah diberikan kepada seorang nabi pun sebelummu, yakni : Fatihah Al-Kitab dan akhir surah Al-baqarah. Kamu tidak membaca satu huruf pun dari keduanya kecuali kamu pasti akan diberi.” ( diriwayatkan oleh Muslim dan An-nasai).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keutamaan Surah Al-Fatihah"

Post a Comment