Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan


Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan


Masa Depan- Masa depan adalah masa harapan setiap manusia, masa dimana setiap orang menginginkan kehidupan yang lebih nyaman dari sebelumnya. Oleh karena itu, berbicara masa depan berarti berbicara sekrang, dimana ada beberapa cara untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman dimasa yang akan datang.

baca juga https://www.remajaonline.com/2018/07/enam-cara-menghafal-al-quran-bagi-pemula.html

Ada tiga yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk bisa mendapatkan sesuatu yang di inginkan,

1. Ikhtiar

Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan

Setiap apa yang kita kerjakan itu butuh pengorbanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu ikhtiar yang maksimal akan menghasilakan sesuatu yang maksimal juga. Jangan kita melakukan nya setengah-setengah, lalu ditengah perjalanan tidak kita lanjutkan. Biasanya orang tidak melanjutkan apa yang diinignkannya, karena rasa malas atau susahnya mengejar impian tersebut.Nah agar bisa berikhtiar dengan maksimal, maka ada beberapa cara untuk mngejar masa depan yang cemerlang,

a. Tulis di kertas harapan yang ingin dikejar, lalu simpan di dinding atau sesuatu yang  sering kita lihat setiap harinya. Agar dengan adanya tulisan tersebut membuat kita semangat, karena kita akan terus teringat dan terus berharap agar sekiranya bisa segera tercapai. Inilah yang akan membuat ikhtiar kita maksimal.

b. Cari  Teman yang sama-sama memiliki harapan yang lebih baik di masa depan. Dimana teman tersebut rela meninggalakan sesuatu yang menyenangkan tapi tidak berfaedah demi mengejar masa depan yang cemerlang. Ini juga akan memberikan kepada kita ikhtiar maksimal. Karena kita akan berlomba-lomba dalam kebaikan demi mewujudkan cita-cita.

c. Manage Time. Buatlah jadwal waktu yang pas, agar kita bisa mengefisienkan waktu kita, sehingga tidak akan kececeran, atau tidak bingung mengerjaknya. Seperti jam 07.00-09.00 : membuat artikel. dilanjut jam 09.00-11.00 : belajar bahasa inggris dan setersunya. sehingga setiap hari kehidupan kita akan efektif. ini juga akan membantu kita dalam memberikan ikhtiar yang maksimal.

d. Map kehidupan. Buat peta hidup seperti pada bu8lan juli beres membuat blog, dilanjut bulan september udah hafidz 30 juz, bulan desember beres menghafal hadist, nah ini juga akan memberikan ikhtiar yang maksimal, karena jelas maping lifenya.

Baca juga dasyatnya neraka! 5 siksaan menurut Al-Qur'an dan As-Sunah

2. Doa 

Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan

Kalau seandainya kita sudah memaksimalkan ikhtiar kita, maka selanjutnya adalah berdoa kepada Allah SWT. Karena semua yang terjadi di masa depan itu hanya Allah yang tahu. Oleh karena itu berdoalah di setiap waktu, setiap shalat lima waktu, setiap turun hujan, diantara dua adzan, di shalat-shalat sunnah, termasuk shalat tahajud. Pokoknya kalau kita terus berikhtiar dengan maksimal, maka semuanya serahkan kepada Allah lewat doa kita. Karena setiap sesuatunya Allah yang mengatur. Dimanapun kita berada, doa harus tetap dipanjatkan. Saat menerima kesulitan, berdoa kepada Allah SWT, saat banyak jebakan yang diterima, berdoa kepada allah SWT, yang terpenting dalam hidup kita teruslah berusaha dan beroda. insya alllah, Allah akan mengabulkan apa yang kita inginkan, karena hasil tidak akan jauh dari ikhtiarnya.

3. Tawakkal

Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan

Ada yang namanya tawaaakal, dan ada yang namanya tawakkal. Kalau tawaakal it dia berserah diri kepada Allah tanpa disertai ikhtiar. Sedangkan tawakkal adalah dia berserah diri kepada Allah tapi dibarengi dengan Ikhtiar. Nah kebanyakan orang itu lebih kepada tawaaakal. Tiap hari berdoa tapi usaha tidak ada. Bilag ke teman atau ke orang lain udah ikhtiar maksimal, tapi nyatnya malah bersantai di rumah dan tiduran. Nah ini yang harus di jauhi. kita itu harus bertawakkal bukan bertawaaakal. Karena letiohnya perjuangan aknb di balasnya dengan manisnya kemenangan. Berserah diri ini sangat di anjurkan bagi kita semua, karena kalau seandainya kita sudah berikhtiar dengan maksimal lalu hasilnya sangat berbeda dengan apa yang kita inginkan, itu artinya Allah memliki rencana yang lebih baik dari apa yang kita duga. Dan biasanya kalau orang udah tawakkal, maka rencana Allah itu akan muncul dihadapan kita. Tapi kalau seandainya kita tidak bertawakkal, maka yang ada adalah kekecewaan dan bahkan bisa mencaci sesuatu yang ada. So bertawakkal itu sangatlah penting dan sangat diharuskan untuk mengejar keuksesan.


Nah itulah cara-cara untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik versi remajaonline.com dan tentunya masih banyak lagi cara yang harus kita kuasai. namun i9nilah yang bisa dirasakan paling besar dalam menjalani kesuksesan. Semoga kita bisa beristiqomah dan bia menjalanninya dengan ikhtiar, doa dan tawakkal kepada Allah SWT.

Baca juga hijrah-ayo-kejar-hijrah-sebelum-hijrah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ikhtiar, Doa dan Tawakkal Adalah Kunci Kesuksesan di Masa Depan"

Post a Comment