Dahsyatnya Neraka ! 5 Siksaan Neraka Jahannam Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah

Neraka Jahannam - Siksaan Api Neraka Jahannam sangatlah dahsyat. Karena siksaan nya lebih keras dan lebih sadis dari apa yang kita pikirkan. Ingatlah terkala Neraka jahannam di ikat oleh 70.000 tali dan setiap talinya di pegang oleh 70.000 malaikat. Ini menggambarkan betapa luas dan betapa sadisnya api neraka jahannam sampai di ikat oleh 70.000 tali.
Oleh karena itu remajaonline.com akan menjelaskan 5 siksaan api neraka jahannam berdasarkan  Al-Qur'an dan As-sunnah. agar kita senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dengan mengetahui siksaan ini.

pedihnya siksaan neraka


1. Kadar Hawa dan Panas Neraka

Rosulullah SAW bersabda :

" Api kalian yang ada sekarang ini 'yang digunakkan bani adam untuk membakar hanya satu per tujuhpuluh dari api neraka jahannam." ( H.R Bukhori dan Muslim).

Hadist di atas menjelaskan betapa panasnya api neraka jahannam sehingga merumpamakan seperti satu per tujuh puluh, padahal api yang pada waktu itu ada di sekitar Rosulullah dan para sahabat adalah api yang dimana kalau seandainya tembaga dilemparkan kedalam api tersebut, maka tembaga tesebut akan meleleh.

Dari Abu Hurairah Bahwasannay Rosulullah SAW bersabda :

"Neraka mengadu kepada Rabbnya dan berkata " Wahai Rabb kami, sebagian kami memakan sebagian lainnya maka pisahkanlah kami." kemudian ia dipisah menjadi dua bagian, satu bagian panas dan lainnya dingin. Bagian yang panas, hawanya panas sekali dan bagian yang dingin, hawanya dingin sekali." ( HR.Bukhori no 3260)

Ibnu Rajab menukil pendapat Ka'ab kepada Umar bin Khattab RA, " Seandainya neraka jahannam dibuka seukuran hidung lembu dibumi sebelah timur, dan ada seseorang di belahan bumi bagian barat, pasti otaknya kan meleleh karena tidak mampu menahan panasnya". Diantara penyebab hawa dan panas neraka sedemikian memuncak adalah tidak berfungsinya 3 unsur pendingin dari panas bagi manusia, yaitu air, angin, dan hamim ( air panas yang menggelak), anginya adalah samum ( angit yang amat panas) sedang naungannya adalah yahmum ( naungan berupa potongan-potongan asap hitam dan juga panas ).


2.  Bahan Bakar Neraka

Allah Berfirman :

" Hai orang-orang beriman, perihalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhapad apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengajarkan apa yang diperintahkan. ( At-Tahrim [66] : 6)

Sebagian mufassir mengatakan bahwa batu tersebut adalah batu korek ata belerang, ada yang mengatakan batu berhala yang dahulu disembah orang musyrik, mereka menjadi bahan neraka sebagai penghinaan atas sesembahan mereka, begitu para penyembahnya.

timbul pertannyaan tentang mengapa Allah menjadikan bahan bakar neraka adalah manusia kafir dan batu. Bukankah neraka adalah balasan dan hukuman atas manusia yang berbuat dosa? hikmah dari penjelas tersebut adalah bahwa orang-orang kafir memang akan mejadi bahan bakar neraka karena memang mereka kekal didalamnya untuk selama-lamany. Sehingga keabadian mereka mirp dengan bahan neraka lainnya.

baca juga bangunan surga

3. Ular dan Kalajengking Jahannam.

Diantara bentuk siksaan yang akan diberikan kepada penduduk neraka adalah ular-ular dan kalajengking jahannam yang akan menaring penduduk neraka dengan taringnya yang tajam dan besar. Dalam menjelaskan firman Allah,

" Orang-orang kafir dan menghalangi dari jalan Allah kami tambahkan kepada mereka siksaan diatas siksaan disebabkan mereka selalu berbuat kerusakan"  (An-Nahl[16]: 88)

Ibnu Mas'ud berkata, yaitu kalajengking-kalajngking yang taringnya seperti pohon kurma yang panjang. Imam As-Sudi mengatakan bahwa ia adalah ular-ular di dalam neraka .

4. Makanan dan Minuman Neraka.


Kalau di Surga mereka diberi makanan dengan penuh kenikmatan. Maka sebaliknya di nereka, mereka diberi makan dari air panas yang menggelegak dan nanah atau darah busuk yang menyengat.
Berikut merupakan penjelasan Al-Qur'an mengenai makanan dan minuman penghuni neraka.

a. Pohon Zaqqum.

" (Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukan pohon zaqqum. Sesungguhnya kami menjadikkan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang dzalim. Sesungguhnya dia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepada setan-setan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memnuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapatkan minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka jahannam.( Ash-Shaffat [37] : 62-68)

b. Pohon Dhari'

Allah berfirman :
" Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukan dan tidak pula menghilangkan lapar. ( Al-Ghasiyah [88] : 6-7)

c. Ghislin

Yaitu nanah bercampur darah yang keluar dari tubuh penduduk neraka, Allah berfirman :

" Maka tiada seorang teman pun bagiya pada hari ini di sini. dan tiada (pula) makanan sedikitpun ( baginya) kecuali dari darah dan nanah. Tidak ada yang memakannya kecuali orang -orang berdosa. (Al-Haqqah [69] : 35-37)

Dan banyak lagi ayat-ayat yang lain yang membahas tentang makanan dan minuman di neraka.

Baca Juga Kenikamat surga https://www.remajaonline.com/2018/07/sungai-sungai-dan-mata-air-di-surga.html

5. Pakaian di Neraka


Kepada penduduk surga Allah memberikan kenyamanan kepda mereka dengan pakaian emas dan kain yang terbuat dari sutra yang lembut. kepada penduduk neraka Allah juga memberikan pakaian kepada mereka, namun pakaian tersebut adalah pakaian yang menyengsarakan pemiliknya, kulitnya akan hancur dan melepuh, tubuhnya akan terkoyak dan daging mereka akan terobek-robek. Diantara penjelasan dala Al-Qur'an adalah sebagai berikut:

a. Pakaian dari Qothiran yang terbuat dari tembaga yang dilebur.

Allah berfirman :

" dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan dibelenggu. Pakaian mereka adalah dari pelangkin(ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka.    ( Ibrahim [14] : 49-50)

b. Tikar dan Selimut Api.

Allah Berfirman:

" sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah kami memberikan pembalasan kepada orang-orang yang beruat kejahatan. mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan diatas mereka ada selimut ( Api Neraka). Demikianlah kami memberikan balasan kepada orang-orang yang dzalim. ( Al-A'raf [7] : 40-41)

Itulah 5 siksaan di neraka jahannam yang bisa remajaonline.com sebutkan. Dan tentunya banyak lagi yang lain tentang siksaan api neraka jahannam. Oleh karena itu, baru 5 siksaan aja membuat kita merasa taku, apalagi siksaan-siksaan yang lainnya. Mari kita sama-sama meminta ampunan dan perlindungan kepada Allah SWT serta kita berdo'a semoga dijauhkan dari siksaan api neraka jahannam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dahsyatnya Neraka ! 5 Siksaan Neraka Jahannam Menurut Al-Qur'an dan As-Sunnah"

Post a Comment