Sungai-Sungai dan Mata Air di Surga



Diantara gambaran tentang keindahan surga adalah sungai-sungai dan mata air yang indah, yang dimana tidak bisa di pandang oleh mata, terbayang oleh akal pikiran, terdengar oleh telinga dan terbesit dalam hati manusia. Di alam dunia, kita juga menyaksikan bahwa salah satu tempat terindah adalah tempat yang di dalamnya terdapat sungai jernih dan mata air yang begitu menawan.
Oleh karena itu saya akan membahas salah satu kenikmatan surga yang sangat indah, yang dimana belum pernah di lihat oleh manusia, yaitu sungai-sungai dan mata air di surga.

a. Sungai- sungai di surga.


Sungguh sungai di surga adalah sesuatu yang pasti, ia terus mengalir dan tidak pernah berhenti. Sungai di surga terletak di bawah istana-istana atau mahligai dan taman-taman para penghuni surga.
dan yang sangat menakjubkan lagi, bahwa di surga bukan hanya sungai yang airnya sangat bersih saja, akan tetapi terdapat sungai-sungai yang lain yang sama-sama indah,  saat kita memandangnya nanti di surga yaitu sungai madu, sungai khamar yang tidak memabukkan bagi orang yang meminumnya dan ada sungai susu yang segar. Sungai air jernih di surga digambarkan tidak pernah berubah rasanya, tidak sebagaimana di dunia yang kadang berubah saat perubahan iklim atau kondisi alam yang datang. Sungai-sungai surga mengalir dari atas surga menuju ke semua tingkatan-tingkatan surga, hal ini dalam hadist sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori,

" Jika kalian memohon kepada Allah, maka mohonlah surga firdaus. Sesungguhnya surga firdaus itulah tempat terbaik dan tertinggi derajatnya Di atas firdaus terdapat Arsy Allah, dan dari situ mengalir sungai-sungai surga "

Mata air surga ada yang bernama Salsabila, yang akan diberikan kepada orang-orang yang mendekatkan diri kepada allah(muqorrobun), sedang para Abrar ( orang yang berbuat baik), maka Allah memberi mereka air yang diberi campuran air kafur( air dingin yang aromanya wangi) dan zanzabil(jahe) ( air hangat yang berupa aroma segar)

Allah berfirman :
" ( Apakah) perumpamaan ( penghuni) jannah yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa yang di dalamnya ada sungai-sungai dari air yang tidak berubah rasa dan baunya, sungai-sungai dari air susu yang tidak berubah rasanya, sungai-sungai dari khamar yang lezat rasanya bagi peminumnya dan sungai-sungai dari madu yang disaring dan mereka memperoleh di dalamnya segala macam buah-buahan dan ampunan dari Rabb mereka, sama dengan orang yang kekal dalam jahannam dan diberi dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?" (Muhammad [47] :15)

kunjungi juga derajat orang di surga https://www.remajaonline.com/2018/07/derajat-di-surga.html

b. Mata Air di Surga


Selai sungai-sungai yang indah, ada juga kenikamatan surga yang lain yang tidak bisa terbayang oleh akal pikiran, yaitu Mata air surga. Di dalam surga banyak mata air yang menyediakan mata air minum dengan cita rasa yang berbeda-beda, Allah berfirman :

" Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga( taman-taman) dan ( di dekat) mata air- mata air ( yang mengalir)." ( Al-Hijr [15] : 45)

" sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam naungan ( yang teduh ) dan ( di sekitar ) mata-mata air ."( Al-Mursalat [77] : 41).

Allah mengabrakan bahwa mata air yang di minum Al muqorrobun(orang-orang dekat Allah) berbeda dengan minuman yang sekedar baik-baik. Karena Al-Muqorrobun( Orang-orang dekat Allah) mengiklaskan amal perbuatannya hanya karena Allah semata. Maka, tidak mengherankan kalau mereka diberi air murni tanpa campuran apapun. Sedang kelompok kedua, yaitu Al-Abrar( orang -orang yang baik-baik). amal perbuatan mereka tidak murni karena Allah  , dan tidak semurni amal perbuatan Al-Muqorrobun(orang-orang dekat Allah). Makanya mereka di beri minuman yang berbeda level. Walau begitu dua-duanya adalah minuman yangelum pernah ditemukan di dunia, dan belum pernah diarasakan oleh manusia selama di dunia.

" Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur( Al-Insan[76] : 5).

" Sesunguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar( surga), mereka ( ( duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang. Kamu akan mengetahui dari wajah mereka kesenangan mereka yang penuh kenikmatan Mereka diberi minum dari air khamar yang di lak( trmpatnya), laknya adlah kasturi, dan untuk yang demikia itu hendaknya orang berloma-lomba. Dan campuran khamat murni itu adalah dari tasnim, ( yitu) mata air yang minum daripadanya orang-orang yang didekatkan kepada Allah." ( Al-mutaffifin[83] : 22-28)

itulah kenikmatan yang disediakan oleh Allah bagi orang-orang yang berbuat baik, betapa indahnya surga dengan dihiasi oleh sungai-sungai dan mata air yang tidak pernah ada di dunia ini. Mari kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan untuk mendapatkan keridhoaan Allh SWT sehingga uraian di atas yang mengenai keindahan surga bisa kita dapatkan dan bisa menikmatinya.

jangan lupa kunjungi juga kenikmatan surga yang lainya di https://www.remajaonline.com/2018/07/bangunan-surga.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sungai-Sungai dan Mata Air di Surga "

Post a Comment