Definisi Dakwah Islam Secara Bahasa dan Istilah


Pengertian dakwah secara bahasa 

Ayo kita berdakwah

1. Kata 'dakwah' berasal dari kata kerja dalam bahasa arab  دعا– يدعوا – دعوة (da’a - yad’u - da'watan), yang secara bahasa memiliki beberapa makna :

a. An-Nida: memanggil, menyeru, mengundang.

b. Ad-Dua', Ad-Dakwah, dan Ad-Di'ayah : mengajak dan menghasung orang lain kepada suatu perkara, baik perkara yang hak atau batil, perkara yang terpuji maupun tercela. hal itu yang disebutkan dalam Al-Qur'an:

Yusuf berkata " Wahai robbku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. dan jika tidak engkau hindarkan aku dari tipu daya mereka,tentu aku akan cenderung untuk(memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh."(QS. Yusuf [12] : 33).

" Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) doa yang benar. Dan Berhala-berhala yang mereka sembah selain allah tidak dapat diperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapaka tanganya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai kemulutnya, dan doa(ibadah) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka." ( QS Ar-Ra'du [13] : 14).

c. Suatu usaha berupa perkataan atau perbuatan untuk menarik manusia kepada suatu aliran atau agama tertentu.

2. Kata 'Dakwah' secara bahasa memepunyai pengertian yang umum, aitu mengajak kepada kebenaran atau kebatilan. Pelakuh dakwah disebut da'i atau da'iyah, dan bentuk jama' (pluralnya) adalah du'at. Pengertian ini antara lain dipergunakan dalam ayat :
" Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orng yang musyrik walaupun dia menaruh hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya meereka mengambil pelajaran(QS. Al-Baqarah [2] : 221).



Dan dalam hadist :
" Barang siapa mengajak kepada petunjuk, niscaya baginya pahala seperti pahala orang-orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi sedikitppun pahala mereka. Dan barangsiapa megajak kepada kesesatan, niscaya baginya dosa seprti dosa orang-orang yang mengikutiya, tanpa mengurangi sedikitpun dari dosa mereka"(HR. Muslim).


Dakwah Menurut Istilah

dakwah islam

a. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah : " Dakwah adalah mengajak seseorang agar beriman kepada Allah dan kepada apa yang dibawa oleh para Rosulnya dengan cara membenarkan apa yang mereka beritakan dan amnaati apa yang mereka perintahkan."(majmu' fatawa)

b. Syaikhul Jum'ah Amin Abdul Aziz ." Dakwah adalah mengajak manusia melalui perkataan dan perbuatan da'i kepada islam, menerapkan manhajnya, memeluk akidahnya, dan melaksanakan syari'atnya."( Fiqih dakwah).

Itulah pengertian dakwah islam secara bahwa dan istilah. 
jangan lupa kunjungi juga artikel lainnya, karena insya allah bermanfaat serta akan mendapatkan ilmu secara bertahap.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Dakwah Islam Secara Bahasa dan Istilah"

Post a Comment