Etika Buang Air




Hal-hal yang harus diperhatian oleh orang yang hendak buang air.

1. Ia mencari tempat yang sepi dari manusia dan jauh dari penghilatan mereka, karena diriwayatkan bahwa jika rosulullah SAW hendak buang air besar, maka beliau pergi hingga tidak dilihat siapapun. " (H.R. Abu DAud, Dan At-Turmudzi).

2. Tidak membawa masuk apa aja yang didalamnya terdapat dzikir kepada Allah Ta'ala karena diriwayatkan bahwa Rosulullah SAW mengenakan cincin yang ada tulisan Rosulullah, namun jika beliau masuk ke WC maka beliau melepaskanya (H.R. At-Turmudzi dan ia men shshihkanya)

3. Masuk kedalam toilet/WC dengan mendahulukan kaki kiri, sambil berdoa
بسم الله اني أعوذ بك من الخبث والخبائث
" Dengan Nama Allah, sesungguhnya aku berlindung diri kepada -Mu dari syetan laki-laki dan syetan wanita."

4. Tidak mengangkat pakainya agar auratnya tidak terbuka.

5. Tidak menghadap kiblat atau membelakanginya ketika buang air kecil, atau buang air besar, karena Rosulullah SAW bersabda :
" Janganlah kalian menghadap kiblat, dan jangan pula membelakanginya ketika buang air besar, atau buang air kecil."(Muttafakun alaih).

6. Tidak buang air kecil, atau buang air besar ditempat berteduh manusia, atau di jalan mereka, atau di air mereka, atau di pohon-pohon mereka yang berbuah. Sebagaimana sabda Nabi SAW :
" taktlah kalian kepda tiga tempat laknat : buang air besar di aliran air,(buang air besar ) di jalan, dan ( buang air besar) di tempat teduh."( H.R. Al-Hakim dengan sanad yang baik)..

7 tidak mengobrol ketika sedang buang air besar, karena Rosulullah SAW bersabda :
" jika dua orang buang air besar, maka hendaklah setiap orang dari keuadanya bersembunyi dari orang satunya lagi, dan keduanya jangan mengorbrol, karena Allah membenci hal tersebut"

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Etika Buang Air "

Post a Comment